Sunday, March 6, 2016

TIPS bersepeda

Tips bersepeda dengan jarak yang jauh

  1. Mempersiapkan kondisi tubuh dengan istirahat, hal ini sangat pentng untuk dilakukan oleh seseorang yang akan melakukan bersepeda dengan jarak jauh, pasalnya mereka membutuhkan tenaga dan kondisi tubuh yang baik, agar saat berangkat bersepeda tubuh sudah lebih bugar dan tetap bersemangat.
  2. Berlatih, dalam poin ini semua harus melakukannya, pasalnya semua olehraga apapun itu harus memerlukan latihan, jika hal tersebut tidak dilakukan maka para biker akan mendapat permasalahan atau kendala jika langsung berada alam rute dan medan yang cukup jauh, sebaiknya sebelum melakuka bersepeda jarak jauh kta harus latihan dengan jarak 2km perhari, hal tersebut bertujuan agar kita bisa mengatur pernapasan dan juga otot-otot tubuh agar tidak mengalami cedera jika langsung dalam rute yang cukup jauh.
  3. Makanan berserat, seorang biker yang sudah berpengalaman sudah semestinya mengetahui bagaimana pola makan yang harus dipenuhi untuk menyiapkan tubuhnya untuk bersepeda dengan jarak jauh. Pasalnya bersepeda dengan jarak jauh akan banyak menguras energi, ada beberapa makanan yang harus di penuhi yakni di malam hari sering makan buah-buahan yang mengandung mineral. Saat bersepada tidak lupa berbekal dengan makanan yang manis-manis, hal tersebut bertujuan untuk menyulapi suplemen tenaga bagi tubuh.
  4. Posisi gear sepeda, mempersiapkan sepeda dengan keperluan yang akan kita tempuh nanti memang sangat penting, salah satunya ialah dengan memilih dan mengatur posisi gear sepeda. Posisi gear sepeda tersebut akan mengatur ritme tenaga yang akan dikeluarkan, jika para biker sudah mulai berat atau lelah dalam mengayuh sebaiknya biker mengatur posisi gear dengan gear sepeda yang lebih ringan.
    Ada beberapa cara yang baik yang harus dipahami seorang biker dalam teknik pemindahan gear. Pasalnya saat melakukan gowes dengan jarak jauh tersebut kita akan menemukan jalan yang tidak sama, jika kita bersepeda di rute yang dinilai datar maka bker tidak akan kesulitan dalam memindahkan posisi gear, namun jika sudah menemukan rute off-road, maka kita akan harus mengetahui cara yang benar dalam pemindahan gear. Saat seorang biker menempuh jalan yang menanjak sebaiknya biker lekas mengganti gear yang lebih ringan, namun pemindahan yang benar tersebut saat pemindahan dari gear berat ke gear yang lebih ringan tersebut tidak boleh berhenti mengayuh, jika biker saat peminddahan tersebut berhenti mengayuh maka kecepatan sepeda akan otomatis menurun dan terasa berat saat dikayuh. Dalam pemindahan gear ridak boleh memindahkan gear dengan lompatan atau perpindahan secara langsung, seperti saat power pedal sedang dikayuh dengan berat dan langsung di pindahkan maka hal yang akan terjadi ialah keausan gigi gear, rantai bisa slip bahkan bisa saja terjadi rantai putus.

sumber : http://blog.cozmeed.com/tips-dan-trik-agar-tidak-cepat-lelah-bersepeda-jarak-jauh/

No comments:

Post a Comment